Biar Tetap Fit Berpuasa Walau Di Rumah Aja

on May 10, 2020

Walau di rumah saja, kesehatan tubuh harus tetap dijaga terlebih saat ini kita berada kondisi pandemi yang disebabkan COVID-19. Untuk menjaga tubuh tetap fit, termasuk bagi yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Simak yuk tipsnya:

 

1. Jangan lewatkan sahur

Sahur merupakan bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian hingga waktu berbuka. Pastikan makan sahur dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat dan protein.

Konsumsilah makanan seperti beras merah, gandum, dan oat yang membuat kenyang lebih lama. Asupan makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari kurma, biji-bijian, dan sayuran. Sedangkan asupan protein bisa Anda dapatkan dari telur, keju, yoghurt atau daging rendah lemak.

 

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Sebagian besar tubuh terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari. Penuhi kebutuhan cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi.

 

3. Makan secukupnya

Langsung memakan banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan terasa nyeri. Itu sebabnya disarankan berbuka puasa dengan makan secukupnya. Sebagai penutup, kita bisa menikmati es krim yang ternyata tidak hanya sekedar pencuci mulut tapi memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengonsumsi es krim dapat menambah energi dan memiliki nilai gizi yang tinggi lho, seperti lemak, protein dan juga karbohidrat. Ketiganya merupakan sumber energi yang penting untuk menunjang aktivitasmu.

 

4. Olahraga

Kita bisa berolahraga di sore hari sebelum waktu berbuka ataupun setelah berbuka puasa. Tentunya kita perlu menghindari olahraga yang terlalu berat jika sedang berpuasa. Dengan berolahraga, kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Olahraga ringan yang bisa kita lakukan antara lain jalan santai, bersepeda, senam, yoga hingga workout ringan di dalam rumah.

 

5. Tidur yang cukup

Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan waktu tidur yang kurang. Coba usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah sholat tarawih. Sebab, kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak sehingga bisa menghambat aktivitas nantinya