Tampil Maksimal Saat Video Call

on May 10, 2020

Kehidupan sosial masyarakat semakin bergeser ke ranah virtual sejak COVID-19 mewabah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar diterapkan. Aktivitas meeting kantor dan perkuliahan kini dilakukan lewat sejumlah aplikasi video chat, seperti Skype dan Zoom. Selain penampilan, kualitas audio saat video call juga tak kalah penting agar komunikasi berjalan lancar. Nah, agar bisa tampil lebih maksimal saat video call, ayo simak tips berikut ini:

1. Cek Koneksi Internet

Sebelum melakukan video call, gunakan fast.com atau speedtest.net untuk menguji kecepatan internet. Jika tidak mendapatkan kecepatan koneksi yang cukup, mendekatlah ke router Wi-Fi.

2. Pilihlah Background Netral

Lakukan video call di lokasi dengan cahaya alami yang cukup. Dengan cara ini, wajah kita akan menjadi lebih cerah. Namun, jika kamar kita tidak terkena paparan sinar matahari, cobalah duduk di bawah pencahayaan lampu neon yang lembut. Pilih tempat dengan latar belakang netral. Tidak menemukan latar belakang yang sesuai? Yuk coba mengaburkan latar belakang Anda di Skype. Jika menggunakan Zoom, Anda bahkan dapat beralih ke latar belakang virtual.

3. Posisikan Kamera Pada “Eye Level”

Cobalah letakkan kamera tepat di eye level agar kita tidak melihat terlalu ke atas atau ke bawah. Tentunya kita tidak ingin para rekan-rekan sekantor fokus pada lubang hidung selama meeting. Ketika Anda berbicara, jangan melihat diri sendiri atau window chat. Lihatlah langsung ke kamera, sehingga orang lain tidak akan merasa seperti terganggu.

4. Berpakaian Sepantasnya

Walau kita bekerja dari rumah, tidak berarti bisa meeting dengan mengenakan baju tidur, tapi tidak perlu berlebihan juga dengan mengenakan jas. Cobalah berpakaian dengan gaya casual atau sesuaikan dengan peraturan di tempat kerja Anda.

5. Jangan Lupa Tersenyum

Terkadang kita terlalu tegang atau mungkin sedikit stres karena sudah terlalu lama berdiam di rumah. Cobalah tersenyum. Perlihatkan wajah Anda yang ceria. Mengonsumsi es krim sebelum video call bisa memperbaiki mood. Es krim mengandung senyawa yang merangsang produksi thrombotonin. Thrombotonin merupakan hormon yang dapat mengangkat suasana hati dan mencegah perubahan mood. Hormon ini juga dapat mengurangi tingkat stres. Selain itu, kandungan L-tryptophan dalam susu bisa jadi sebagai penenang alami dan cegah insomnia lho!